Wednesday, November 20, 2013

Cuci Bersih Mobil Anda

Teknik Terbaik Dalam Mencuci Mobil  - Banyak di antara guru yang agak ‘manja’ ketika saban minggu mengirim mobil ke pusat pencucian mobil semata-mata untuk membuang kotoran pada mesin transportasi mereka. Sebenarnya mencuci sendiri mobil memiliki kelebihan yaitu selain menghemat uang juga sebagai satu kegiatan yang rekreasi yang sehat. Tetapi kita juga perlu tahu cara-cara yang tepat mencuci mobil dan apakah bahan dan alat yang kita harus sediakan untuk mendapatkan hasil cucian yang baik.



Mobil kita terdiri dari bahan-bahan yang berbeda seperti besi, plastik, karet dan yang terbanyak adalah cat. Setiap bagian membutuhkan bahan pembersih khusus sehingga dapat dibersihkan secara optimal. Kesalahan kita menggunakan bahan dan alat mungkin akan menyebabkan rusak atau dry menjadi tidak sempurna.
Umumnya menjaga mobil terdiri dari tiga tahap yaitu
1. Membersihkan dan membuang kotoran (cleaning)
i. dry Luar
ii Dry Mesin
iii Dry Dalam
iv Dry Ban
v Membuang efek tar
2. Merawat (recovering)
i Perawatan cat
ii Perawatan cermin dan wiper
iii Perawatan rim
3. Pembersih dan peremajaan (spa)
i mengilatkan cat
ii mengilatkan cermin
iii mengilatkan dashboard dan interior
iv mengilatkan bagian kulit
v mengilatkan rim dan ban
Untuk mobil baru biasanya kita hanya bertumpu pada fase 1 dan 3 sedangkan untuk mobil lama itu mugkin perlu melalui tiga fase tersebut.
1. Membersihkan dan membuang kotoran (cleaning)
i. dry Luar
a. Semprotkan air dahulu dari selang selama 15 detik untuk mengeluarkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia agar tidak merusak cat.
b. Pastikan semua pintu dan kaca tertutup rapat
c. Semprotkan air pada bagian mobil untuk membuang debu dan pasir yang menempel pada badan mobil sebelum menggosok karena pasir dan debu keras dapat menggores cat jika digosok.
d. Gunakan pembersih khusus untuk mobil dan jangan beli deterjen murahan meskipun ada gambar mobil karena berpotensi untuk merusak cat. Deterjen beserta wax (wash and wax) juga dapat digunakan dan ia akan membuat cat mobil terlihat lebih bersinar.
e. Gunakan spons bersih dan cuci dimulai dari bagian atap. Ukuran span yang lebih besar akan mempercepat proses dry. (jangan gunakan spons untuk mencuci cat untuk tujuan lain.
f. Hindari cuci di tengah panas karena tetesan air akan bertindak sebagai lensa yang bisa memfokuskan cahaya matahari terhadap cat.
g. Jangan biarkan sabun pada cat sampai kering karena bahan kimia pada sabun itu akan mempengaruhi cat.
e. Lap menggunakan kain yang bersih dan tidak berbulu. Kain khusus ini ada dijual di supermarket dengan harga sekitar RM3.00 hingga RM7.00 sehelai. Pastikan tidak ada minyak atau pasir pada kain tersebut karena akan merusak cat. Jangan gunakan kain pengelap cat mobil itu untuk penggunaan lain.
ii Dry Mesin
a. Mesin merupakan bagian yang paling sensitif dan pastikan Anda mencucinya dengan hati-hati. Bagian elektronik seperti kabel, ecu, sensor dan sebagainya perlu dipastikan agar tidak dimasuki air. Jangan cuci menggunakan air pada tekanan yang kuat karena bagian busi yang dimasuki air akan menyebabkan mobil tersenggut-senggut atau mungkin tidak dapat dihidupkan.
b. Untuk menghilangkan minyak atau lemak pada mesin, kita bisa menggunakan bahan dasar seperti minyak tanah dan sabun pencuci. (Satu tips menarik dari seorang tauke cuci mobil yaitu campuran sabun dan coca-cola pada jumlah yang seimbang mampu menghilangkan noda membandel pada mesin dan mengilatkan mesin.
iii Dry Dalam
a. Cemaran dan kotoran bagian internal biasanya adalah efek terdiri dari kotoran tangan, tapak sepatu, air dan makanan. Mencuci bagian interior tidak membutuhkan air yang banyak. Anda membutuhkan sedikit air sabun dan bilas menggunakan air bersih. Makanan yang menganggur tidak dibersihan akan mengundang serangga seperti semut dan kecoa (akibat adanya serangga itu, cicak juga mungkin menumpang sama karena ada sumber makanannya)
b. Jangan menggunakan clorok atau agen pemutih.
c. Tinggalkan sejenak dengan pintu terbuka untuk memastikan penguapan terjadi dengan sempurna.
iv Dry Ban
a. Ban adalah bagian yang paling rentan dengan kotoran seperti minyak, tar, debu, sisa lapik bantalan rem, lumpur, kotoran dan sebagainya.
b. Sabun yang digunakan untuk ban harus sesuai dengan rim Anda. Rim yang bercat pelu menggunakan sabun yang sesuai untuk cat sementara rim kemasan logam dapat menggunakan sabun biasa.
c. Gunakan sikat sabut untuk menggosok noda membandel.
v. Membuang efek tar
a. Tar adalah cemaran yang membandel karena sifatnya yang melekat dan berminyak. Noda tar paling senang dicuci menggunakan minyak seperti diesel tetapi dapat mempengaruhi cat. Gunakan bahan ‘tar remover’ dan sapu tanpa tekanan sampai bersih.
2. Merawat (recovering)
i Perawatan cat (untuk mobil lama)
a. Cat pada mobil biasanya akan mengalami masalah seperti memudar atau tergores. Cat akan pudar karena faktor seperti bahan kimia, terkena embun dan cahaya matahari atau dimakan usia.
b. Cat yang memudar bisa dikembalikan kilatannya dengan melakukan ‘polishing’ dan ‘waxing’. Polishing adalah proses memoles kembali permukaan cat yang sudah hilang lapisan ’2 K ‘. Bagi mereka yang tidak profesional biasanya bolehlah membeli polish yang tercatat ‘untuk cat lama’.
c. Kerja polishing akan lebih cepat jika Anda menggunakan mesin. Jika tidak ada mesin maka bisa lakukan poslihing menggunakan spons lembut dengan gerakan memutar sehingga rata (jangan menggunakan spons cuci piring karena partikelnya agak kasar.
d. Biarkan sebentar di bawah naungan
e. Proses selanjutnya adalah ‘waxing’ yaitu melapis selapisan lilin khusus pada permukaan cat sehingga tampak lebih mengkilap di samping melindungi cat asli dari menjadi pudar. lapisan ini dapat dilakukan dua minggu sekali dan bisa dilapis sampai dua atau tiga lapisan.
f. Cat yang mengalami goresan kecil dapat diobati dengan menggunakan polish atau polymer sealant
ii Perawatan cermin dan wiper
a. Cermin mobil yang tidak dirawat akan menjadi kelam dan kasar selanjutnya dapat mempengaruhi pandangan dan drive. Pembersih cermin ada banyak dijual di toko khusus untuk membuang kotoran dan lemak. Cermin yang tidak dijaga dapat merusak wiper dan menyebabkan wiper harus sering diganti.
b. Cairan pencuci kaca biasanya didatangkan dengan bahan kedap air (water repellent) yang membantu berkendara agar lebih jelas dalam kondisi hujan lebat.
c. Polishing cermin (wiper) juga harus dibersihkan dari minyak sehingga sapuan air lebih rata dan menghasilkan pandangan yang lebih nyaman. Cairan pembersih wiper ini juga ada dijual di mana kita hanya perlu melurutkannya cairan tersebut pada bagian getahnya menggunakan kain bersih sehingga tidak ada lagi kesan kotoran. Jika Anda menemukan kain yang dilurut pada wiper menjadi hitam walaupun sudah banyak kali dibersihkan, ini menunjukkan karet wiper anda sudah harus diubah.
iii Perawatan rim
a. Rim yang menggunakan finishing cat perlu dijaga sama seperti Anda menjaga bagian cat tubuh mobil Anda sementara rim kemasan logam perlu dijaga menggunakan bahan pecuci khusus untuk rim. Ini karena rim kemasan logam memiliki sifat yang sensitif terhadap bahan kimia seperti asam yang dapat menyebabkannya bertompok dan recakkan yang tidak rata.
3. Pembersih dan peremajaan (spa)
i Mengilatkan cat
a. Ada beberapa alternatif untuk mengilatkan cat mobil yaitu menggunakan wax, polymer sealant, carnauba (Copernicia prunifera). Meskipun dikatakan bahwa carnauba mampu menghasilkan lebih kilatan namun penggunaan wax lebih sesuai di negara iklim tropis karena kondisi cuaca yang cukup panas.
b. Sapu wax menggunakan busa khusus secara melingkar dan biarkan sampai wax benar-benar kering di bawah redupan kemudian gosok menggunakan kain lembut yang kering dan bersih.
c. Antar sapuan kali kedua (kalau tak letih)
ii Mengilatkan cermin
a. Cermin mobil tidak sesuai dikilatkan menggunakan wax atau apa bentuk polish sekalipun. Cermin harus bebas dari bahan bahan seperti wax. Gunakan bedak talkum dan gosokkan rata-rata pada cermin depan (windshield) menggunakan tisu kertas.
iii Mengilatkan dashboard dan interior.
Dashboard adalah bagian utama pada interior mobil Anda. Ia menjadi tatapan penumpang termasuk Anda sendiri. Dashboard yang mengkilap membuat kendaraan Anda lebih nyaman dikendarai. Kilatkan dashboard menggunakan cat ‘dashboard’ dan bukannya poles ban. Pastikan bahan poles dashboard Anda memiliki bau yang menyenangkan atau tidak berbau karena aroma cat yang parah akan lebih signifikan ketika AC dipasang .
iv mengilatkan bagian kulit
a. Bahan kulit atau semi kulit biasanya digunakan untuk kursi mobil Anda. Bahan kulit ini meskipun harganya mahal namun ia perlu dijaga karena bahan kulit yang tidak dirawat akan hilang kelembaban, menjadi kering, keras dan merekah. Ini tidak seperti kursi kulit di rumah karena ia rentan dengan suhu yang panas dan kering.
b. Kilatkan menggunakan cat kulit selang dua minggu sekali.
v mengilatkan rim dan ban
Rim kemasan logam yang kusam oleh dikilatkan kembali menggunakan cat rim (sport rim conditional). Penggunaan polish atau wax pada rim kemasan logam tidak akan efektif.