Bukti Indonesia sebagai pasar yang makin penting, BMW memperkenalkan 435i (Seri 4) di Pacific Palace, Jakarta. Menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur PT BMW Group Indonesia, ini merupakan pertama kalinya Seri 4 diperkenalkan di luar Jerman atau setelah Frankfurt Motor Show 2013 yang berlangsung saat ini.
Karena itu pula, hanya bagian belakang dari mobil ini yang diperlihatkan. Sedangkan wajah dikurung dalam kotak. Ditambahkan, peluncuran dilakukan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dimulai minggu depan.
Kendati demikian, Dennis A Kadaruskan, Manajer Perencanaan Produk BMW, masih sempat menjelaskan detail, termasuk pembaruan teknologi yang dilakukan BMW pada model ini. Dari luar, terlihat, interior 435i ini menggunakan warna merah cerah (merah hati) yang membakar. Sementara di situs BMW, selain merah, juga tersedia interior dengan warna gelap (dark), beige, cokelat.
Sport NyamanTipe yang diperlihatkan ini menggunakan mesin 3,0 liter bi-turbo. Perbedaan Seri 4 dengan lain, khususnya dengan nomor ganjil (3, 5 dan 7), tampil dengan sosok kupe. “Seri 4 adalah mobil sport yang mengutamakan kenyamanan.Seperti street sport,” jelas Rames. Sedangkan M Series adalah mobil sport sejati, suspensinya lebih keras. Sementara Seri yang menggunakan nomor gandil adalah sedan biasa untuk keperluan formal. Seri 4 adalah kupe 2 pintu dengan 4-penumpang
Bagi BMW, Seri 4 inilah generasi keempat BMW sporty di kelas medium kupe. Angka “4” mempertegas standar baru bagi mobil kupe yang menonjolkan desain. Sebenarnya, BMW memasarakan versi sport atau kupe termasuk kabrio untuk model yang menggunakan seri genap, yaitu 6 dan 8. Dengan muncul seri 4, jumlah model yang dipasarkan BMW juga bertambah.
Kendati belum diluncurkan secara resmi, BMW Group Indonesia sudah menbanderolnya, yaitu Rp 998 juta (off-the road).
Ciri Khas
Ciri khas dari BMW Seri 4 kupe ini, overhang yang pendek, kap mesin panjang, ruang kabin penumpang yang menjorok ke belakang. Desain garis atap tampak mengalir.
Secara keseluruhan, 435i tampak atletis karena lebih lebar 43 mm dari model sedan. Spakbor belakang dibuat menonjol , dan dilengkapi dengan jendela samping tanpa rangka. Juga terdapat saluran udara yang disebut “air breathers” di belakang roda depan yang dimanfaatkan untuk mengurangi hambatan udara.
Dimensi (mm)
| |
Panjang
|
4.638
|
Lebar
|
2.017 (bagian terjauh)
|
Tinggi
|
1.362
|
Jarak sumbu roda
|
2.810
|
Trek depan
|
1,545
|
Trek belakang
|
1.594
|
Mesin
| |
Tipe
|
Twin Power turbo dengan Twin scroll turbocharger, injeksi langsung dan Valvetronic
|
Kapasitas
|
2.979 cc
|
Tenaga maks.
|
306 PS @5.800 – 6.000 rpm
|
Torsi maks
|
400 Nm @1.200 – 5.000 rpm
|
Akselerasi 0 – 100 kpj
|
5,1 detik
|
Kecepatan top
|
250 km/jam
|
Konsumsi bahan bakar
|
13.9 km/liter
|