Friday, September 13, 2013

998 Juta Bisa Punya BMW

 Bukti Indonesia sebagai pasar  yang makin penting, BMW memperkenalkan 435i (Seri 4)  di Pacific Palace, Jakarta.  Menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur PT BMW  Group Indonesia, ini merupakan pertama kalinya Seri 4 diperkenalkan di luar Jerman atau setelah  Frankfurt Motor Show 2013 yang berlangsung saat ini.

Karena itu pula, hanya bagian belakang dari mobil ini yang diperlihatkan. Sedangkan wajah dikurung dalam kotak. Ditambahkan, peluncuran dilakukan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dimulai minggu depan.

Kendati demikian, Dennis A Kadaruskan, Manajer Perencanaan Produk BMW, masih sempat menjelaskan detail, termasuk pembaruan teknologi yang dilakukan  BMW pada model ini. Dari luar, terlihat, interior 435i  ini menggunakan  warna  merah cerah (merah hati) yang membakar. Sementara di situs BMW, selain merah, juga tersedia interior dengan warna gelap (dark), beige, cokelat.

Sport Nyaman
Tipe yang diperlihatkan ini menggunakan mesin 3,0 liter bi-turbo. Perbedaan Seri 4 dengan lain, khususnya dengan nomor ganjil (3, 5 dan 7), tampil dengan sosok kupe. “Seri 4 adalah mobil sport yang mengutamakan kenyamanan.Seperti street sport,” jelas Rames. Sedangkan  M Series adalah mobil sport sejati, suspensinya lebih keras. Sementara Seri yang menggunakan nomor gandil adalah sedan biasa untuk keperluan formal. Seri 4 adalah kupe 2 pintu dengan 4-penumpang

Bagi BMW, Seri 4 inilah generasi keempat BMW sporty di kelas medium kupe. Angka “4” mempertegas standar baru bagi mobil kupe yang menonjolkan desain. Sebenarnya, BMW memasarakan versi sport atau kupe termasuk kabrio untuk model yang menggunakan seri genap, yaitu 6 dan 8. Dengan muncul seri 4, jumlah model yang dipasarkan BMW juga bertambah.
Kendati belum diluncurkan secara resmi,  BMW Group Indonesia sudah menbanderolnya, yaitu Rp 998 juta (off-the road).

Ciri Khas

Ciri khas dari BMW Seri 4 kupe ini, overhang yang pendek, kap mesin panjang, ruang kabin penumpang yang menjorok ke belakang. Desain garis atap tampak mengalir.

Secara keseluruhan, 435i tampak atletis karena lebih lebar 43 mm dari model sedan. Spakbor belakang dibuat menonjol , dan dilengkapi dengan jendela samping tanpa rangka. Juga terdapat saluran  udara  yang disebut “air breathers” di belakang roda depan yang dimanfaatkan untuk mengurangi hambatan udara.
 
 
Dimensi (mm)
Panjang
4.638
Lebar
2.017 (bagian terjauh)
Tinggi
1.362
Jarak sumbu roda
2.810
Trek depan
1,545
Trek belakang
1.594
Mesin
Tipe
Twin Power turbo dengan Twin scroll turbocharger, injeksi langsung dan Valvetronic
Kapasitas
2.979 cc
Tenaga maks.
306 PS @5.800 – 6.000 rpm
Torsi maks
400 Nm @1.200 – 5.000 rpm
Akselerasi 0 – 100 kpj
5,1 detik
Kecepatan  top
250 km/jam
Konsumsi bahan bakar
13.9 km/liter