Sunday, June 30, 2013

Mobil Canggih tapi Juga Unik

Film mengenai agen spionase Inggris, James Bond, pertama kali tayang dibioskop pada tahun 1962. Sejak sekuel film pertamanya selalu melibatkan wanita-wanita cantik dan tokoh penjahat yang berencana menguasai dunia serta mobil-mobil menarik yang digunakan oleh Bond dengan perlengkapan yang canggih untuk menunjang misinya.

 Nah, Museum Beaulieu National Motor di Inggris memiliki sebuah pameran terbaru bernama 'Bond In Motion' yang menampilkan kendaraan-kendaraan James Bond yang paling ikonik selama 50 tahun dan merupakan koleksi kendaraan Bond terbesar yang pernah ada dan dipamerkan dalam satu tempat.















1. Kapal Fairey Huntress Speedboat (From Russia With Love - 1963)
Speedboat ini pernah digunakan dalam adegan Bond dan Tatiana melarikan diri dari kejaran anggota SPECTRE yang mengejar mereka dengan perahu boat. Kapal ini merupakan kapal canggih di zamannya karena hanya dibuat kurang dari 250 buah di seluruh dunia. Mesinnya menggunakan mesin Ford V8.

2. Aston Martin DB5 (Goldfinger - 1964)
Merupakan salah satu mobil yang paling diingat yag pernah dibuat. Dalam film ini, DB5 dilengkapi dengan senjata-senjata mesin, bodi anti peluru, plat nomor yang dapat berubah dan kursi lontar penumpang yang diadopsi dari pesawat tempur. Perlengkapan tersebut mmbuat mobil ini lebih berat 136 kg, namun diimbangi dengan mesin bertenaga 330 daya kuda.


 3. Rolls Royce Phantom III 1937 (Goldfinger - 1964)

Rolls milik Auric Goldfinger memiliki nomor rangka 3BU168 dengan model body Barker Sedanca de Ville yang memiliki rahasia yang mengejutkan, karena Goldfinger menyelundupkan emas dari Inggris ke Australia dengan melelehkannya dan membentuk kembali menjadi bentuk panel di mobilnya. Plat nomor AU1 merujuk pada simbol emas pada tabel periodik.


4. Escape Bath-O-Sub (Diamonds Are Forever - 1971)
Kendaraan ini merupakan pengganti saat Blofeld berusaha untuk melarikan diri dari kilang minyaknya pada akhir film. Kendaraan ini dibuat dari fiberglass oleh pembuat mobil George Barris dan harganya $30.000 (sekitar Rp28,38 juta). Versi kedua yang digunakan dicetak dalam semen untuk keperluan syuting adegan di saat Blofeld menggunakannya untuk menyelamatkan diri dari kilang minyak yang hancur.


 5 Lotus Esprit "Wet Nellie" (The Spy Who Loved Me - 1977)
Kendaraan ini merupakan motor air pertama di dunia. Kendaraan tersebut merupakan sebuah prototype dan menggunakan mesin suzuki 50 tenaga kuda dengan dua tingkat percepatan.