Sunday, March 17, 2013

WeChat Jadi Aplikasi Chatting Nomor Wahid di Indonesia


JAKARTA - WeChat, layanan komunikasi sosial untuk smartphone, hari ini mengumumkan kesuksesannya menaklukkan posisi nomor satu di antara aplikasi bebas biaya lainnya yang tersedia pada platform aplikasi, Google Play Store dan App Store.

 Pekan lalu, WeChat resmi meluncurkan iklan komersialnya di televisi sekaligus mengumumkan joint venture-nya dengan MNC untuk kawasan Indonesia. Segera setelah iklan ditayangkan, WeChat diunduh 30 kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. 

Tidak hanya itu, dalam waktu satu minggu setelah diumumkannya joint venture tersebut WeChat berhasil menempati tempat teratas di Apple App Store dan Google Play Store Indonesia sekaligus.

Melalui keterangan yang diterima Okezone, Minggu (10/3/2013), Managing Director MNC Tencent, WeChat Operation, Vincent Wang menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan ini. “Kami sangat bangga melihat WeChat meraih posisi nomor 1 di App Store dan Play Store," kata Vincent Wang. 

"Hal ini membuktikan besarnya sambutan Indonesia terhadap produk kami. Tencent memang bertujuan untuk memberikan sarana komunikasi terbaik dan berkualitas dengan fitur-fitur unggulan, dan keberhasilan ini semakin memacu kami untuk menyediakan pengalaman yang lebih baik lagi untuk para pengguna setia kami di Indonesia.”

Selain dapat digunakan di iOS dan Android, baru-baru ini WeChat juga meluncurkan versi aplikasinya untuk BlackBerry, yang kini melejit ke posisi nomor 2 di antara aplikasi lain di BlackBerry Application World. Fitur-fitur utama WeChat yang tersedia di platform lain, seperti ‘Push to Talk’, ‘Moments’, dan beraneka ragam emoticon juga dapat dinikmati di BlackBerry.

“Kini 300 juta orang di dunia telah terdaftar sebagai pengguna WeChat. Kami yakin bahwa kepopuleran aplikasi ini di Indonensia akan membawa banyak sekali pengguna baru. Demi meningkatkan pengalaman menggunakan aplikasi ini, kami sudah mempersiapkan update-update spesial," tutur Vice President Tencent, International Business, Poshu Yeung. 

Yeung meyakini, Indonesia akan menjadi salah satu dari negara-negara yang paling pertama tahu bahwa dalam waktu dekat ini kami akan melepaskannya ke pasaran. 

Baru-baru ini, Tencent juga menuai pengakuan dunia sebagai salah satu dari Most Innovative Companies di tahun 2013 berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Fast Company, brand media bisnis ternama di dunia, dengan catatan khusus yang menyorot inovasi-inovasinya dalam bidang teknologi, ethonomics (ekonomi etis), kepemimpinan, dan serta desain. 

Daftar tersebut juga memuat nama perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menghasilkan dampak terbesar terhadap industri serta kinerjanya secara keseluruhan.